26 Desember 2004

hi guys, pada ingat kan tanggal 26 Desember 2004 itu hari apa ?
yepp ! Tsunami Aceh dan sekitarnyaa ..


sebelumnya maaf kalo thata nulisnya dengan bahasa yang agak aneh gitu , yaaaa... supaya gak terlalu menegangkan lahh kalo di baca..

kenapa thata nulis ini?
yaa sederhana ajaa , karena thata termasuk korban dalam bencana tersebut,
bayangin aja, waktu itu umur thata baru 8 tahun, kelas 4 SD, dan that baru 6 bulan kurang ada disana.
dann , pagi-pagi itu udah keluyuran ke rumah tetangga yang jaraknya 3 rumah dari rumah thata.
namanya miftah, dia laki-laki (thata lupa tampangnya kayak apa)
pagi-pagi kita udah nongkrong, entah apa pokoknya kalo gak salah rencana kita itu mau main PS bareng.
yahhh , dulu zaman-zamannya PS lahh.

beginii ceritanyaa ..
pagi itu jam 8 pagi, thata udah berada di rumah tu anak yang namanya miftah.
lagi duduk-duduk kali yee, gak ingat, tiba-tiba bumi berguncang seketika.
thata sih gak kerasa, yang ngerasa gempa itu pertama kali tu papanyaa .
di teriak-teriak histeris
"gempa-gempa, keluar semua!"
semua bongkahan manusia yang ada di dalam rumah tersebut berhamburan keluar, dengan ekspresinya masing-masing. (gak kebayang tampang thata kayak apa)
di luar rumah itu gempa makin keras, udah pada susah berdiri, akhirnya banyak di antara mereka yang milih duduk di tanah depan rumah tersebut. sementara thata masih bertahan berdiri dengan bersandar di sebuah sumur yang ditutup, gak taunya , dari ujung sana keliatan seorang laki-laki berlari dengan paniknya menuju ke arah kita-kitaa , dan ternayata itu adalah papa thata. akhirnya kita berdiri bareng nyandarin diri ke sumur tersebut.

oke guys , gempa selesai!
papa ngajakin thata pulang, tapi thata bilang
"thata masih pingin main disini"
"gak usahlah , pulang aja , ntar kalo ada gempa yang nyusul gimana?"
dengan perasaan yang masih gak tau maksud dari "gempa yang nyusul" itu apa, oke thata pulang.
sesampainya di rumah, kita masih duduk-duduk di depan rumah kontrakan tempat thata dan keluarga tinggal.
kita duduk didepan rumah tersebut, yang halamannya gede, dan yang ada cuma pohon jambu (bayangin aja gimana gersangnya rumah tersebut).

gak taunya ada tetangga juga yang ikutan duduk-duduk bareng thata di halaman tersebut, kita ngobrol-ngobrol blablablablablablablaaaa........
kita ngobrol gak sampai 15 menit apaa, ada orang dari ujung arah rumah miftah sana teriak-teriak histeris
"aiir laut naik-air laut naikk ! lari-larii !!!"
seketika mama ngeliat ada pohon kelapa yang jalan dari ujung sana (gimana ceritanya pohon jalan?) yaaa of course pohonnya di bawa sama arus air yang gede, rumah kita itu cuma 3 kilo dari pantai. jadiii yaa wajar aja kalo tu air laut yang banyaknya lebih bejibun , tumpah ke bumi ini, yaa pasti nyampe lahh dengan keadaan 3 kilo itu.

nahh ! thata dengan paniknya lari entah kemana, sempat kehilangan mama papa waktu itu, gak lama kemudian , ni tangan ada yang ngerampas dan di bawa lari bareng, lagi-lagi , ternyata papa.
lari kemana kita gak tau , make sendal aja kaga, (ada boker sapi, kucing, ada paku pun pijak ajee!) gak pedulilahh , namanya juga panik yaa ?
nahh si mama, yang gak betah telanjang kaki, mungut sendal orang di jalan, tapi setelah di pikir-pikir, larinya gak bebas, gak kencang kalo pake sendal, tu sendal hasil pungutan di buang lagi.
trus kita lari lagii, ada sebuah gang dan kita belok (kanan tepatnya) akhirnya kita nyampe di sebuah pagar dari bahan kawat duri, mau gak mau kita harus manjat dan lompat pagar tersebut.
entah kenapaa yee, kita manjat ajee, ntah ada luka ntah enggak, yang thata gak pandai manjat di gendong sama papa dan di lompatin ke sebelah, sialnya, ni lengan dekat ketiak sono, kegores sama duri tersebut, dan robek, ntah kenapa, gak ada rasa sakit. si mama yang gak pandai manjat, jadi jago banget -_-
papa pun manjat sendiri, thata sama mama udah nunggu di sebelah pagar.
setelah itu kita lari lagi, baru beberapa meter aja, kita udah di kepung sama yang namanya air.
tu aiirr hitamm banget , bersampah , berlumpur. Ya Allah Ya Robbi kalo di inget-inget.
akhirnya kita mentokin diri, berdiri di sudut sebuah rumah dengan pasrahnya.
tu air tingginya cepet banget, lama-lama , kita mulai keminum air itu, waktu itu sih gak berasa, kalo sekarang muntah pastinya.

untungnyaa tu rumah masih pake jendela model lama yang punya daun jendelanya, dan pake jeruji besi, thata manjat ke jeruji besi tersebut dan duduk di jendela dengan susahnya dan di terjang air, si mama masih tinggal aja di bawah, ntah kenapa kata mama ada balok yang muncul langsung tepat di bawah kaki.
eeehhhh si papa ! udah nyampe atap tu rumah duluan, trusmau gendong thata ke atas, bisa si di gendong.
sialnya ni baju (waktu itu make daster warna pink gambar buah cherry) kejepit lagi di pintu , gimana caranya mau naik, si mama dengan histeris dan penuh air mata narik-narik tu baju sampe robek, finally thata selamat nyampe atap.
nahhh si papa bingung mama ni mau di apain , tu daun jendela patah lagi, di sebelah itu ada pohon nangka, tapi luruuussss aja gak ada cabangnya yang bisa di pake manjat.
akhirnya mama manjat ke jeruji besi, tapi gak sampailahh ke tempat papa, nahh di pohon itu ada seorang perempuan yang lagi hamil muda , ntah gimana  dia kasih kakinya ke mama, yang  buat mama akhirnya bisa nyampe ke tangan papa. yeeppp, mama pun nyampe di atas

nahh itu cewek, minta di tolongin buat ke atas atap, dan papa ambil nafas sejenak dan membantu tu cewek yang udah di atas pohon buat nyebrang ke atap, dann kita berempat di atas atap tersebut.

2 jam lamanya di atas atap tersebut, itu gak tenang looo, itu ada gempa kecil-kecil (ohh ini yang namanya gempa susulan) thata mulai nangis ni karena mikir sekolah dan nangis-nangis bilang thata gak bisa sekolah lagi, tapi kata papa, kalo udah reda kan bisa cari sekolah baru.

beberapa lama di atas atap, ada seorang laki-laki yang menjajakan mie kemasan yang gak di masak, yang cuma bisa dimakan gitu ajaa, dan tu orang ngasih ke kita, dia juga bawa betadine, dan di ufuk atap sana, ada anak bayi yang umurnya mungkin masih beberapa hari, yang di perkirakan papanya meninggal, tu bayi gak ada yang ngambil sampai kita turun, mama sih niat ambil, cuma gak tau cara pergi ke atap sebelah sana, kalo nanti lagi jalan atapnya roboh gimanaa ?

oke 2 jam berlalu di atas atap tersebut, dan airnya surut nahh kita bingung gimana mau turun, (kita aja bingung kenapa bisa naik setinggi itu) akhirnyaa papa yang turun duluan, melalui pohon.

dan ada laki-laki yang mau turun juga, dan bantuin kita , dia gendong thata buat di sambut papa di bawah, ehh gak taunya kelepasan, dengan mulusnya ni punggung ngegeser, ngegores atap seng tersebut.
gilaa aja thata langsung teriak histeris gitu, wahh , berdarah lagi, gitu juga mama dan perempuan tadi turun , tapi gak pake kegores yaa.

finally kita nyampe di bawah dan jalan gak tau mau kemana, syukurnyee waktu baru aja jalan kita kettemu sama orang tukang catering thata waktu disana , dia bawa kita semua ke rumahnya, dan ngasih kita makan.
tentunya kita jalan itu, jalanya gak mulus, banyak mayat bergelimpangan di jalan tersebut yang ekspresi mayat dan lukanya berbeda-beda. yang ngebuat perjalanan dekat itu terasa lebih lama.
nah disana kita mandi, make pakaian seadanya dan makan, gak taunya thata demam, dan papa coba cari panadol ke kedai, ni harga obat malah di mahalin, ntah uang darimana papa dapat akhirnya dapet panadol dan thata minum.
thata duduk diam di depan rumah, menung dengan stresnya ngingat apa yang terjadi.

beberapa lama kemudian, papa pergi ke kantor buat make mobil kantor, papa ke kantor itu jalan kaki lhooo -_- sampe ketemu sebuah mobil dan membawanya kembali.
akhirnya thata dan mama ikut papa pergi ntah kemana, dan pisah sama tante tadi yang lagi hamil.

di tengah jalan kita ketemu sama teman sekantornya papa yang istrinya udah wafat, dia ngajak kita ke tempat saudaranya di sebuah daerah bernama "lapenerut" kita menetap 2 hari disana dengan makanan dan pakaian seadanya, dan pindah ke sebuah pengungsian karyawan telkom yang gak tau apa nama daerahnya.

gak nyangkanya disana ketemu miftah dan seminggu kita main bareng anak-anak lain juga, makannya kalo gak sarden ya mie instan ..

seminggu habis, dapat kabar kalo pengungsi boleh pergi ke medan dan nginap di mess telkom sana, dan di biayai telkom dengan syarat cuma anak-anak dan perempuan yang boleh pergi.
yaa terpaksalah kita ninggalin papa, kita menuju bandara itu di siang hari, dan berangkatnya jam 3 subuh (bayangin aja gimana rasanya ngarep pesawat lama banget) dengan pesawat jatayu kita ke medan, dan kita di anterin langsung ke mess telkom (bukan pesawat yang nganter ke mess)

disana kita makan enak, ada baju layak pakai dari hasil sumbangan.
kita mikir papa makan apa yaa di aceh?
selama di mess tersebut kerjaan thata dan temen-temen yang ketemu disana cuma ribut doang, naik turun tangga, lari-lari, main sembunyi-sembunyi, apaallahhh , ganggu-ganggu anak-anak sebelah, pokoknya ributlahh...

akhirnya kita nunggu papa cuma 4 hari dan papa datang
alhamdulillah dapat kiriman uang dari oma, dan kita berangkat ke padang.
dan thata nyambung sekolah di padang, thata nulis ini pun lagi di padang :D

SELESAI !!

makasii guys buat yang udah bacaa :)

by : Litha Raeska Rafius


Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah kritik dan esai

Review Jusz Spray

Sayap-Sayap Patah (Kahlil Gibran)