Warna Biru

          Guys , kita bahas seputar warna biru yuk ,kenapa thata bahas yang warna biru ? yaa yang pertama karena “thata suka warna biru” hehehe , bisa di lihat di blog itubiru semua :D kamar di rumah aja biru semua, disini aja yang enggak, soalnya yang disini kamar kos. dari 3 web yang udah thata telusuri, warna biru juga memiliki makna sebagai berikut :

Menurut web pertama yang thata baca ini alasannya :

“Tidak bisa lepas dari elemen air dan udara, berasosiasi dengan alam, Warna Biru melambangkan keharmonisan, memberi kesan lapang. Pemakaian warna biru dapat menimbulkan perasaan tenang dan dingin, melahirkan perasaan sejuk, tentram, hening, dan damai, memberi kenyamanan dan perlindungan. Warna ini juga diasosiasikan dengan kesan etnik, antik, country-style”

Beberapa tips yang thata baca dari web pertama, ada sedikit tips tentang warna, seperti :

          Jika menggunakan beberapa warna, bedakan dalam jumlah atau kuantitas pemakaiannya. Biarkan satu warna sebagai warna dominan, dan jadikan yang lain sebagai aksen atau warna pendukung. 


          Misalnya: warna hijau digunakan secara dominan ditambah sedikit warna violet atau koral akan lebih menarik dibandingkan jika ketiga warna tersebut digunakan dalam jumlah atau kuantitas yang sama. 

          Jika ruang sempit, hindarkan warna gelap, karena akan menimbulkan kesan semakin sempit dan menekan. Gunakan warna terang untuk menimbulkan kesan luas. 

          Agar tidak membosankan, tambahkan aksen yang kuat, misal gunakan sedikit warna gelap pada sekelompok warna-warna muda. 

          Warna-warna hangat (merah, kuning, oranye, pink dan coklat) memberi kesan lebih dekat, membuat ruangan terasa hangat menyenangkan dan membangkitkan gairah.

          Warna-warna sejuk (hijau dan biru) memberi kesan jauh, membuat ruangan terasa luas dan tenang dan menciptakan suasana santai.


Di web kedua yang thata itu katanya begini :
          Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.

Biru Tua :
       Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam. Sifatnya : Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.

2.Biru Muda :
       Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap.

Nahh kalo dari web yang terakhir, itu terbitannya kompas, dia berkata seperti ini :

         Biru diasosiasikan pada keterbukaan, kedamaian, dan ketenangan. Zhu menambahkan, orang yang melihat warna ini merasa nyaman dan tidak takut mengeluarkan ide kreatifnya.

         Jadi, selain membuat sebuah ruangan mini dari polikarbonat, mengecat kantor atau ruang rapat dengan warna biru bisa jadi memberikan peluang sama. Keduanya dapat mendorong karyawan mengeluarkan ide-ide segar dalam proses kreatif. Cara ini lebih mudah, murah, dan tidak rumit.

         Lingkungan yang didominasi oleh warna biru cocok untuk kegiatan brainstorming. Lingkungan ini dua kali lebih banyak memproduksi ide dibandingkan lingkungan yang didominasi warna merah.

         Nah, itu sedikit tentang biru yang thata lutip dari beberapa web, next time , thata bakalam bahas yang lain lagi yaaa….



Referensi :

http://kolom.blogdetik.com/makna-arti-warna-biru/

http://ardimalaysia.tripod.com/Warna.htm

http://properti.kompas.com/read/2012/09/16/19184347/Kantor.Berwarna.Biru.Bikin.Karyawannya.Kreatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah kritik dan esai

Review Jusz Spray

Sayap-Sayap Patah (Kahlil Gibran)